Mengganti Dioda zener dengan dioda biasa

Kamis, Oktober 01, 2009



Dioda zener umum di kenal dengan beberapa jenis batasan tegangan yang mudah didapat di pasaran, jangkah tegangan variatif dari mulai 2,7 Volt hingga 160 Volt, bahkan beberapa pabrikan menyediakan dioda pembatas tegangan ini hingga ratusan Volt.
Bagaimana jika kita dihadapkan dengan nilai dioda Zener yang tidak terdapat di pasaran????,
pilihan pertama : berusaha sekeras mungkin mencari yang sesuai!?
pilihan kedua : cari pengganti yang sesuai (perlu waktu yang cukup lumayan)??!!
pilihan ketiga : Memanfaatkan dioda biasa untuk pengganti Dioda Zener.......???!!!

untuk satu kondisi pilihan ketigalah yang paling mungkin, tapi bagaimana??
Sederhana....(link theory of diode)
Dioda biasa itu mempunya panjar maju sebesar 0,7 volt untuk jenis silikon dan 0,3 volt untuk jenis germanium, selanjutnya pemanfaatan panjar maju inilah yang akan kita terapkan seperti pada (gambar 1), artinya setiap satu dioda biasa adalah setara dengan dioda zener 0,7 volt hanya saja pemasangannya yang terbalik dibanding dengan pemasangan dioda zener.
Lalu untuk membuat dioda biasa itu menjadi dioda zener dengan tegangan tertentu didapat dengan cara merangkai dioda biasa itu secara seri hingga di dapat tegangan yang di inginkan, jika membutuhkan dioda zener 2,1 volt maka rangkailah dioda biasa dengan panjar maju sebanyak 2,1V:0,7V= 3 (buah), atau dengan menggabungkan keduanya dioda zener ditambah dioda biasa yang dipanjar maju (gambar2), sebagai contoh dioda zener yang ingin kita pasang adalah 13,4 Volt, maka tambahkan dioda zener 12Volt dengan dioda biasa sebanyak : (13,4V-12V):0,7V=2(buah) yang dirangkai seri.
semoga bermanfaat.......

9 comments:

Andi Syam mengatakan...

gimana mas misalnya saya punya 2 buah zener masing2 1/2 watt 12volt sementara yng saya inginkan adalah zener dengan nilai 1 watt 12 volt. gimana ngerangkainya ya?

CTE mengatakan...

dapat menggunakan bantuan penguat transistor..

siapkan transistor jenis NPN (ex:D400), basis dipasang dioda (katoda dioda), emitter (anoda Dioda, resistor senilai 1K dari kolektor ke basis.

gunakan colector transistor sebagai sebagai katoda zener, dan emitter sebagai Anoda Zener

KAY mengatakan...

tegangan 25v bsa diturunkan jadi 12v gk? cuma pkai dioda zener.

BOY mengatakan...

kalau teg 75v bsa langsung diturunkan ke 12v gk dg dioda zener?

CTE mengatakan...

M7 adalah dioda 1N4007 versi SMD.

CTE mengatakan...

Perubahan langsung ke 12V dari tegangan yang bernilai di atas tegangan batas zener tidak bisa dilakukan jika ingin arus listrik nya menjadi tetap, jika hanya dioda zener saja memang mampu menurunkan tegangan yang tentunya dengan konsekuensi turunnya arus listrik nya juga, kecuali dia dijadikan tegangan referensi terhadap transistor.

Unknown mengatakan...

bagaimana mendapatkan zener 82 volt yang tida ada di pasaran

CTE mengatakan...

bisa menggunakan dioda 75V kemudian kalkulasikan dengan dioda biasa seperti gambar hingga mencapai tegangan yg di inginkan

CTE mengatakan...

atau bisa dengan dioda zener berlaku serial 75V dengan 5.1V plus penambahan seperti di gambar atau seperti yg dijelaskan pada artikel

Posting Komentar